Bug pada Outlook 2007 yang menyebabkan email yang sudah terkirim tetap ada di Outbox dari OWA

Posted: January 28, 2011 in Technology
Tags: , ,

Jika anda pernah mengalami tiba-tiba quota mailbox anda hampir penuh (atau bahkan penuh) sehingga anda tidak lagi bisa berkirim terima email, padahal anda sudah melakukan backup semua item email anda ke Personal Folder (PST file), maka coba kita samakan, apakah kondisinya kurang lebih seperti ini:

– Email Server menggunakan Exchange Server.

– Email Client menggunakan Outlook 2007.

– Outlook 2007 berjalan dalam kondisi Cached Mode.

– Ada personal folder (PST) di profile anda.

– Pada Outlook 2007, tidak nampak ada kejanggalan.

– Ketika login ke OWA, nampak banyak item pada Outbox anda yang sudah mencapai quota mailbox anda.

Kejadian seperti diatas sudah umum dan ada Knowledge Base nya dari Microsoft yaitu KB948984 (http://support.microsoft.com/kb/948984/).

Saya menemui kejadian ini di salah satu user yang mana sering harus melakukan delete item dari Outbox pada OWA secara manual. Untuk solve nya bisa ikuti cara di KB tersebut.

Namun, secara konsep, KB diatas membuat Outlook 2007 bekerja seperti layaknya menggunakan Exchange 2003 yaitu email akan masuk ke sent items baru kemudian disinkronisasi dengan Exchange (second upload process).

NB:

– Kondisi ini murni problem yang ada pada produk Outlook 2007 (sisi client).

– Saat melakukan edit registry, harap berhati-hati.

 

Salam,

Raymond Engelbert

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s