Nokia Mail For Exchange untuk Sinkronisasi dengan Exchange Server

Posted: April 12, 2010 in Technology
Tags: , , , , ,

Selain dengan Windows Mobile ActiveSync, salah satu vendor mobile phone terkenal yaitu Nokia juga mempunyai aplikasi bernama Mail For Exchange yang bisa digunakan untuk melakukan sinkronisasi email, calendar, task serta contact ke Exchange Server. Aplikasi ini juga memanfaatkan service ActiveSync untuk berkomunikasi dengan Exchange. Umumnya aplikasi ini ada di seri yang banyak digunakan untuk bisnis seperti E, N dan beberapa tipe yang memang bisa diinstall aplikasi ini.

Percobaan yang saya lakukan adalah menggunakan Nokia seri E63 dan menggunakan aplikasi Mail For Exchange versi 3.0 untuk melakukan sinkronisasi ke Exchange Server 2010.

Langkah pertama adalah membuat profil account kita, dimana kita akan memasukkan informasi seperti username, email, password serta Exchange Server kita. Setting ini tentunya disesuaikan dengan lingkungan masing-masing. Jika kantor anda menggunakan Exchange Server, anda bisa bertanya kepada administrator anda mengenai setting ini, terutama nama mail server.

Sangat mudah, karena anda cuma perlu memastikan informasi yang anda masukkan benar dan pastikan terkoneksi dengan internet tanpa mengalami gangguan (bisa melalui provider, bisa juga melalui wi-fi).

Jika informasi sudah benar, anda bisa melalukan sinkronisasi dengan lancar:

Dan anda juga bisa melakukan aktivitas email seperti kirim terima maupun membuat suatu item seperti calendar:

Salam,

Raymond Engelbert

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s