Exchange ActiveSync pada Google Android Phone

Posted: April 12, 2010 in Technology
Tags: , , , , ,

Mendapat pinjaman smart phone berbasiskan Google Android Phone dari PT. Samsung Indonesia selama satu minggu yaitu smart phone Samsung Galaxy Spica yang sudah terinstall sistem operasi Android 1.5, saya memanfaatkan ujicoba smart phone ini untuk melakukan konfigurasi account email ke Exchange Server. Hal ini dimungkinkan karena Android mempunyai fitur ActiveSync untuk melakukan sinkronisasi ke Exchange Server.

Selain ActiveSync, Android juga mendukung fitur POP3 dan IMAP4 untuk email. Namun pada kesempatan ini saya ingin menunjukkan konfigurasi ActiveSync pada smart phone Samsung Galaxy Spica agar bisa tersinkronisasi dengan Exchange 2010.

Untuk melakukan konfigurasi account email anda ke Exchange Server, masuk ke icon Email.

Pastikan koneksi internet anda pada smart phone terkoneksi dengan baik (bisa menggunakan jaringan provider, bisa juga menggunakan wi-fi). Langkah berikut adalah, masukkan Email Address dan Password anda:

Pilih ActiveSync sebagai jenis account yang akan kita konfigurasi.

Isi informasi yang dibutuhkan seperti Server URL, Domain, Username, Password dan apakah menggunakan SSL atau tidak (jenis security):

Setelah itu tunggu hingga konfigurasi selesai dan isi nama account anda (optional). Selanjutnya anda bisa melakukan sinkronisasi serta melakukan aktivitas seperti kirim terima email:

Kemudian anda juga bisa melakukan setting tingkat lanjut:

Sedikit catatan, ActiveSync pada Android 1.5 hanya mendukung format PlainText. Kabar terakhir yang saya dapat, format HTML akan didukung pada Android 2.1. Namun sampai tulisan ini dirilis, saya belum sempat mencoba dikarenakan device yang saya gunakan dalam ujicoba ini bukan hak milik saya, maka saya tidak berhak untuk melakukan flashing pada device untuk upgrade OS. Apabila ada kesempatan untuk mencoba Android 2.1, saya akan sharing kembali mengenai ActiveSync nya.

Akhir kata, semoga berguna.

Salam,

Raymond Engelbert

Comments
  1. memet says:

    Dear p raymond

    untuk versi 2.1 android tidak bisa menggunakan Global Address List, saya sdh search inet, dan ternyata memang banyak user dari negara lain juga tidak bisa. sebelumnya saya pake versi 1,5 ada GAL nya.
    any idea ?

  2. Raymond Engelbert says:

    Android 2.1 kebetulan belum sempat coba karena device diatas pun saya dapat pinjaman.
    Nanti kalau dapat pinjaman, mungkin bisa saya test lagi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s