MUGI Jadetabek Gathering (Sesi Hosted Exchange 2010)

Posted: February 1, 2010 in General Topic
Tags:

Rabu, 27 Januari 2010 lalu ada sebuah acara komunitas yang mana saya turut berpartisipasi dalam satu sesi singkat untuk membawakan materi mengenai Exchange 2010 & OCS 2007 R2 as a Services atau dalam bahasa sehari-hari Hosted Exchange 2010 & Hosted OCS 2007 R2.

Mungkin buat sebagian orang, Hosted solution hanya sekedar menumpang infrastruktur, bayar bulanan dan bisa dinikmati. Namun, pada era Cloud Computing saat ini, ternyata banyak yang bisa dilakukan lebih dari hal diatas. Salah satu contoh yang saya bawakan adalah menunjukkan bahwa solusi yang selama ini menjadi menarik dan hanya bisa diimplementasikan di kelas Enterprise jika ingin mendapat semua fitur dan benefit yang ada, sudah bisa dinikmati oleh semua kalangan dengan solusi Cloud Computing ini. Lalu apa yang membedakan? Perbedaan mendasar hanya terletak pada posisi infrastruktur. Di sisi client, tidak ada bedanya karena bisa merasakan banyak fitur yang selama ini belum tentu bisa dinikmati. Tentunya semua untuk menjaga produktivitas bisnis.

Ya, itulah beberapa hal singkat yang bisa saya tunjukkan pada saat acara MUGI Jadetabek Gathering. Dihadiri sekitar 30 peserta dari berbagai kalangan, acara dimulai oleh presentasi Pak Rusdi mengenai Office 2010, dilanjutkan dengan makan malam bersama dan sesi berikutnya oleh Cak Eriawan yang membawakan materi F#. Sesi terakhir oleh saya sendiri mengenai Hosted Exchange 2010 & OCS 2007 R2. Dan terakhir ditutup dengan foto bersama.

Berikut adalah foto-foto yang sempat diabadikan:

Salam,

Raymond Engelbert

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s