Bagaimana OWA membaca Global Address Lists?

Posted: November 3, 2009 in Technology
Tags: ,

Dalam suatu perusahaan yang menerapkan Active Directory, seringkali untuk mempermudah maintenance terhadap user-user yang ada, menggunakan Organizational Unit (OU). Misalkan, PT. XYZ membagi user-usernya ke dalam beberapa OU seperti Sales, Technical, Finance, HRD, dll. Nah, dari sisi administrator jadi lebih mudah melakukan pembagian, maintenance, administrasi serta pembagian policy.

Kalau kita tambah kasusnya, yaitu perusahaan tersebut menggunakan Exchange Server sebagai Mail Server mereka. Dari sisi operasional sehari-hari tidak ada masalah sampai pada kemudian hari muncul request bahwa ada ada salah satu OU sebut saja “Call Center Outsourcing” yang berisi karyawan kontrak untuk ditempatkan sebagai agen call center dimana setiap karyawan kontrak tersebut mempunyai email address dan keinginan dari manajemen adalah setiap karyawan kontrak bisa kirim dan terima email namun hanya bisa melihat daftar alamat email hanya sesama call center outsourcing saja alias tidak bisa melihat daftar alamat email user lain yang ada dalam organisasi yang sama. Satu lagi tantangannya adalah, para agen ini hanya bisa mengakses email melalui OWA.

Pusing?

Tidak perlu. OK, kita coba skenarionya seperti ini (dalam LAB). Katakanlah OU Test01 adalah OU yang ingin di restrict tadi dan ada user di dalamnya.

Kemudian saya juga sudah buat mailbox atas nama Raymond:

Lalu, bagaimana membatasinya? Karena jika hanya sampai disitu, ya user Raymond tersebut bisa melihat semua daftar email di Global Address Lists donk?

OK, permainannya hanya cukup di Active Directory. Kita kembali ke Active Directory, lalu ke user Raymond tersebut dan buka Propertiesnya:

Pilih Tab Attribute Editor:

Cari attribute MSExchQueryBaseDN:

Katakanlah OU test01 terletak di dalam primary OU ALL dan ada di domain xyz.co.id, maka entry yang harus dimasukkan menjadi (bisa gunakan tombol edit untuk memasukkan atau mengganti entry dari atribut tersebut):

Maka, hasilnya setelah kita buka Global Address Lists di OWA adalah:

Saya hanya bisa melihat daftar email yang ada pada OU saya saja. Cara ini biasa disebut juga dengan OWA GAL Isolation.

Akhir kata, semoga berguna.

Salam,

Raymond Engelbert

Comments
  1. […] posting saya tentang isolasi GAL di OWA (Exchange) Bagaimana OWA membaca Global Address Lists-, kita juga bisa melakukan hal ini di lingkungan Office Communications Server 2007 R2. Ada sebuah […]

  2. […] Review, Unified Communications 0 Terkait posting saya tentang isolasi GAL di OWA (Exchange) Bagaimana OWA membaca Global Address Lists-, kita juga bisa melakukan hal ini di lingkungan Office Communications Server 2007 R2. Ada sebuah […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s