Upgrade Exchange 2007 ke SP2

Posted: October 17, 2009 in Technology
Tags: , ,

Sebelumnya saya pernah menulis sedikit informasi tentang Exchange 2007 SP2 (Exchange 2007 Service Pack 2). Nah, sekarang saya akan post capture tentang proses upgrade ke Exchange 2007 SP2. Skenarionya yang di dukung dalam proses in place upgrade ini adalah:

– Fresh Install Exchange 2007 SP2

– Upgrade langsung dari Exchange 2007 (non SP1) ke Exchange 2007 SP2

– Upgrade langsung dari Exchange 2007 SP1 ke Exchange 2007 SP2

Kebetulan server yang saya pakai untuk eksperimen sudah ada Exchange 2007 SP1, namun kondisi lainnya saya tidak tahu. Dalam hal ini, kondisi lain itu adalah pra syarat supaya Exchange 2007 bisa diupgrade ke SP2 dengan lancar. Jadi, sebelum melakukan upgrade, saya harus cek terlebih dahulu pra syaratnya.

Seperti yang kita tahu, setiap upgrade Exchange, maka ada perubahan yang dilakukan terhadap schema dari Active Directory. Maka dari itu, pastikan bahwa kondisi Active Directory anda tidak sedang bermasalah karena Exchange akan melakukan extend schema ke Active Directory, apalagi di Exchange 2007 SP2 akan disertakan schema Exchange 2010 sebagai persiapan jika anda ingin melakukan migrasi ke Exchange 2010.

Hal berikut yang harus diperhatikan adalah, pastikan uninstall semua interim updates yang ada. Interim updates adalah update atau patch yang sifatnya khusus (tidak dirilis ke publik) dan dibuat hanya untuk beberapa case khusus. Nah, dari 2 pra syarat utama, ternyata server yang akan saya coba upgrade memenuhi 2 kondisi tersebut. Jadi, langkah berikutnya saya menjalankan proses upgrade ini (file Exchange 2007 SP2 telah saya unduh sebelumnya). Setelah dijalankan, kita akan dihadapkan pada wizard layaknya kita ingin menginstall Exchange 2007 ataupun ketika ingin melakukan in place upgrade dari Exchange 2007 ke Exchange 2007 SP1:

Setelah itu, Exchange setup wizard akan melakukan pre-requisites check. Sama seperti wizard sebelumnya, Exchange akan menghentikan proses jika ada syarat yang belum terpenuhi:

Dan kita baru bisa melanjutkan proses upgrade setelah semua syarat terpenuhi:

Setelah selesai, saya lakukan test terhadap operasional Exchange 2007 pada umumnya dan juga integrasi dengan beberapa aplikasi 3rd party yang digunakan. Semua berjalan lancar.

Salam,

Raymond Engelbert

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s