OCS Front End Service Down [Error 0xC3E93C23]

Posted: October 17, 2009 in Technology
Tags: , , ,

Bagi anda para pengguna LCS maupun OCS (Office Communication Server), jika server anda melakukan update terhadap KB974571, maka bisa dipastikan anda akan mengalami problem ini.

Problem ini sendiri telah di publish oleh OCS Product Team di blog nya http://communicationsserverteam.com/archive/2009/10/14/632.aspx, namun pada blog saya ini, saya akan coba menjabarkan kronologisnya.

Seperti yang telah disebutkan pada link tersebut, sebuah security update yang mengacu ke KB974571 yang merupakan tambalan terhadap celah keamanan MS09-056: Vulnerabilities in CryptoAPI could allow spoofing. Namun pada implementasinya terdapat Known Issue yang penjabarannya bisa dilihat disini http://support.microsoft.com/kb/974571. Nah, sebelum masuk ke kesimpulan, berikut contoh kronologis yang saya lihat sendiri.

Gejala pertama yang dirasakan sudah pasti bahwa user akan bilang bahwa Communicator mereka tidak bisa login. Jika kita melakukan inspeksi ke server OCS tersebut, akan didapatkan bahwa OCS Front End Service berada dalam kondisi down, dan jika kita mencoba untuk menjalankan service tersebut, akan muncul error:

Jika kita mencurigai bahwa service admin yang digunakan yang bermasalah, maka salah besar karena service admin yang sama yang digunakan oleh service lainnya bisa berjalan sempurna. Sekali lagi, hanya OCS Front End service yang bermasalah.

Hal kedua, jika kita perhatikan di Event Viewer, akan terdapat suatu clue yaitu Error code 0xC3E93C23:

Nah, karena penyebabnya adalah patch KB974571 tersebut, maka pastikan bahwa memang benar di server OCS tersebut terinstall security update tersebut:

Jika benar, maka uninstall security update tersebut lalu server akan meminta restart. Setelah selesai restart, perhatikan bahwa OCS Front End Service bisa berjalan normal kembali dan anda bisa login ke OCS.

Beberapa hal penting yang perlu diketahui:

1. Solusi ini sifatnya sementara sampai ada pengumuman resmi dari Microsoft mengenai solusi permanen nya, karena kasus ini sedang ditangani oleh tim Microsoft.

2. Impact dari KB974571 hanya terbatas pada kondisi dimana server anda terinstall OCS dan juga pada client yang terinstall Communicator. Khusus untuk Communicator, yang terkena impact hanya communicator versi trial/evaluasi.

Salam,

Raymond Engelbert

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s